Bakteri Pemakan Daging Mematikan Menyebar di Jepang
Tekno & SainsNewsHot

Foto: Bakteri streptokokus, yang lebih dikenal sebagai penyebab sakit tenggorokan, bisa mematikan jika memasuki jaringan dan organ. (National Post)

Jakarta, tvrijakartanews - Jepang mengalami peningkatan jumlah “bakteri pemakan daging” yang dapat membunuh orang dalam waktu 48 jam. Hal tersebut memecahkan rekor, sehingga mendorong adanya penelitian lebih dekat terhadap penyakit mematikan ini.

Ken Kikuchi, seorang profesor penyakit menular di Tokyo Women's Medical University, mengatakan bahwa kasus sindrom syok toksik streptokokus (STSS) di Jepang telah mencapai 1.019 kasus pada tanggal 9 Juni, lebih banyak dari jumlah total yang dilaporkan sepanjang tahun lalu. Dengan tingkat infeksi saat ini, jumlah kasus di Jepang bisa mencapai 2.500 pada tahun ini, dengan tingkat kematian yang mengerikan sebesar 30%.

Melansir National Post (22/06) Kesehatan Masyarakat Ontario melaporkan 13 anak meninggal di provinsi tersebut akibat penyakit streptokokus grup A invasif (iGAS), termasuk STSS, antara 1 Oktober dan 31 Mei. Selama periode ini, 1.510 kasus telah dilaporkan, meningkat 33% dibandingkan ke musim sebelumnya. Menurut Pusat Pengendalian Penyakit BC, 51 infeksi iGas dilaporkan pada tahun 2023, dibandingkan dengan 20 kasus pada tahun 2022.

Menurut Health Canada, sindrom syok toksik streptokokus terjadi ketika streptokokus grup A memasuki jaringan dan organ dalam. Streptococcus pyogenes, atau streptokokus grup A (GAS), adalah “bakteri umum” yang biasanya menyebabkan gejala ringan seperti radang tenggorokan, demam berdarah atau infeksi kulit, kata badan tersebut. Dalam kasus yang jarang terjadi, penyakit ini menyebabkan penyakit parah dan bahkan kematian.

“Hal ini terjadi ketika virus memasuki area yang biasanya tidak ditemukan seperti darah, paru-paru, otot, sendi dan tulang, atau cairan di sekitar otak dan sumsum tulang belakang,” kata Health Canada.

“Sebagian besar kematian terjadi dalam waktu 48 jam. Saat seorang pasien merasakan pembengkakan di kaki di pagi hari, pembengkakan tersebut akan meluas hingga ke lutut pada siang hari, dan mereka dapat meninggal dalam waktu 48 jam. Bakteri GAS menyebar melalui droplet pernapasan atau kontak langsung. Orang dapat membawa bakteri tersebut tanpa menunjukkan gejala atau infeksi. Beberapa orang bahkan membawa bakteri tersebut sebagai bagian dari flora alami mereka,” jelas Ken Kikuchi.

Kikuchi menghimbau masyarakat untuk menjaga kebersihan tangan dan mengobati luka terbuka. Dia mengatakan pasien mungkin membawa GAS di ususnya, yang dapat mencemari tangan melalui tinja. Luka terbuka, melemahnya sistem kekebalan tubuh, dan hamil dapat meningkatkan kemungkinan infeksi GAS. Penggunaan alkohol dan narkoba merupakan faktor risiko tambahan.

Meskipun gejala awalnya berupa demam, menggigil, dan nyeri, gejala ini bisa menjadi parah dalam waktu 48 jam. STSS menyebabkan penyakit yang mengancam jiwa jika merusak organ dan jaringan. Hal ini dapat menyebabkan pneumonia atau abses di paru-paru. Penyakit ini juga dikaitkan dengan necrotizing fasciitis, atau “penyakit pemakan daging”, yang mengubah kulit menjadi keunguan sebelum meninggal.

Sekitar 1 dari empat persen kasus necrotizing fasciitis berakibat fatal, menurut Healthlink BC. Salah satu yang selamat adalah Lucien Bouchard, anggota kabinet mantan Perdana Menteri Brian Mulroney dan pendiri serta mantan pemimpin Blok Québécois. Bouchard kehilangan kaki kirinya karena penyakit necrotizing fasciitis yang hampir berakibat fatal. Dokter mengamputasi kakinya dua hari setelah dia didiagnosis untuk menghentikan penyebaran penyakit tersebut.

Lebih lanjut, Health Canada merekomendasikan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang makanan, batuk atau bersin, atau menggunakan kamar mandi. Badan tersebut juga merekomendasikan peningkatan ventilasi dalam ruangan, penggunaan masker, dan tinggal di rumah saat sakit untuk meminimalkan penyebaran. Jika tergores atau terluka, disinfeksi sejak dini juga dapat mencegah infeksi.

WHO mengatakan peningkatan kasus terjadi setelah berakhirnya pembatasan COVID. Alasan lain yang dikemukakan atas penyebaran penyakit ini adalah bahwa lockdown mungkin secara tidak sengaja menurunkan kekebalan terhadap GAS dan penyakit lainnya. Meskipun penyakit lain mengalami lonjakan setelah pembatasan berakhir, kemudian mereda, penyakit GAS terus meningkat karena alasan yang belum diketahui.